Sabtu, 10 Juni 2017

Terlibat Project Stopmotion



Salah satu adegan dari Video Stopmotion SASIRANGAN.
Keterlibatan gue di project ini bisa dibilang ga sengaja dan dadakan juga.

Awal mulanya sang Animator dari video stopmotion Sasirangan ini, yaitu Bung Husin Eksperimental memberi tau anak-anak Forum Sineas Banua yang lagi ngumpul kalau ada kompetisi stopmotion yang diselenggarakan oleh Uzone.Id dan udah masuk tahun kedua.

Gue denger sih dan saat itu disuruh ngasih ide tapi ga dilibatkan dalam produksi karena udah ada temen gue yang katanya siap membantu Husin.



Beberapa hari atau minggu kemudian gue lupa pastinya, ternyata projectnya belum jalan juga, padahal Pak Produser udah ngasih modal Husin buat produksi.

Lalu dihubungi lah gue oleh Husin bersama dengan Adit. Disepakati ketemuan disebuah mini market  yang didepannya ada kaya tempat nongkrong gitu, nah disana lah kita betiga brainstorming ide-ide apa yang bisa diangkat karena temanya warna budaya dan harus memunculkan ke khas an daerahnya masing-masing.

Dari pembahasan yang tidak sengit dan singkat, akhirnya di sepakati lah Sasirangan yang akan diangkat. Jadi Sasirangan ini adalah kain khas dari Kalimantan Selatan, dan dalam sejarah asal muasalnya dulu dipakai sebagai pengobatan, tapi kalau mau liat jelasnya tonton aja ya video stopmotion Sasirangan dilink dibawah ini :

https://expose.uzone.id/detail-video-indonesia-satu/196/sasirangan---uzonesmc2017

Jadi saat itu gue bikinlah sebuah ilustrasi soal sejarah kain sasirangan. Kenapa ilustrasi ? ya karena menurut gue  akan lebih bisa meng-eksplore ceritanya dan lebih bebas dan tetap berpegang pada akar sejarahnya.

Nah karena gue ga ada pengalaman sama sekali bikin script stopmotion sempet kebingungan sih diawal. Lalu Husin bilang buat aja storyboardnya. Lalu bikin lah storyboard bentuknya kaya komik panel gitu, sumpah gambaran gue jelek banget, nah dibawah kotak-kotak itu dikasih tulisan penjelas dari masing-masing kotak.

Ada beberapa unsur yang gue masukin kedalam cerita kaya Jukung (sampan), aktivitas disungai, rumah Banjar dan terutama kain Sasirangan.

Lalu Husin punya tambahan gimana kalau memasukan Bekantan, salah satu hewan endemik dari Kalimantan Selatan. Setelah diskusi setengah panjang antara Gue, Husin dan Adit akhirnya kita memasukan Bekantan kedalam cerita, namun tugas bekantan adalah sebagai Narator, mengikuti gaya beberapa film terutama Mary and Max dan Charlie and chocolate factory tapi dengan tokoh khas.

Beberapa hari kemudian ternyata Pak Produser menolak ceritanya, karena dia pengen mengangkat soal Lanting, lanting itu rumah terapung yang bisa didapati dibeberapa sungai di Kalimantan Selatan, walaupun sekarang sudah mulai langka.

Ya sudah ga apa apa juga karena ya emang niat awalnya bantu aja. Tapi ternyata tetap cerita itu yang dibikin entah Husin negonya kaya apa ke Produser dan emang sih beberapa set udah dibikin jadi kalau ubah cerita lagi tentunya pemborosan dan makan waktu.

Tugas gue dan Adit berakhir diproject ini ketika udah masuk tahap mengisi suara. gue disuruh oleh Husin untuk membantu ngedirect Adit selaku Narator. Kita take nya dibulan puasa sehabis tarawih dirumah Adit. Dalam proses ini sih kita enjoy-enjoy aja ya karena emang ga ribet dan proses takenya cuma pake HP, eh ga tau ya kalau Adit, soalnya kan dia naratornya yang mesti ngulang-ngulang.

Dan kabar baiknya Alhamdulillah project ini mendapat juara 1, dari total 80 video yang masuk seluruh Indonesia lalu dipilih 43 yang lolos proses kurasi awal. Ini berita dari situs resminya :

http://www.uzone.id/inilah-para-juara-uzone-stop-motion-competition-2017#olkePR1r1Mz9E7f2.97

Yang membanggakan itu sih salah satu jurinya, yaitu mas Wahyu Aditya founder sekaligus President Director dari HelloMotion yang juga mempunyai acara tahunan bernama HelloFest, gue pertama tau sama beliau pas nonton Kick Andy, artinya juara karena dinilai oleh profesional dan praktisi juga, selain mas Wahyu ada juga profesional dan praktisi dibagian juri yaitu Firman Widyasmara, Sutradara/Animator dari Lanting Studio.

Menang itu bonus sebenarnya, karena waktu penggarapan kita udah niatin, seandainya tidak menang pun paling engga kita udah berusaha memberikan pengetahuan baru, dalam hal ini sejarah sasirangan kepada orang-orang yang bakal nonton video tersebut.

Maju terus Animator Banua.

4 komentar:

biasakan budaya komentar
thnks