Sabtu, 09 April 2011

8 BIT/CHIPTUNE:familiar dan asing

Mungkin yang sering maen game jadul zaman dulu (maaf saya bukan gammer jadi kurang tau,tapi pernah maen juga seh) pasti ga asing lagi ama namanya sega,nintendo,gameboy,dan antek-anteknya.



Nah ingat ga waktu zaman sd dulu biasanya ada om-om yang nyewain gameboy yang dicolokin ke baterai kering ( aki kan namanya ).Trus biasanya sering kaga puas maen karena waktunya terlalu cepet.

Nah coba ingat kembali (konsentrasi) dan kembalilah ke masa itu.Oke saya tunggu.Sudah ? ya pasti yang anda ingat adalag bentuk kotaknya gameboy,gambar layar yang tersusun dari kotak-kotak,dan bunyi mendengung-dengung dan kadang terkesan kasar (sadis).

Nah bunyi-bunyi an ternyata entah sejak tahun berapa,cari aja di google bisa di kreasiin jadi musik.Kata om-om di kaskus namanya musik 8 bit ato chiptune gitu,masih bingung saya membedakan.Dan sekali lagi coba cari refrensi di google.

Dan saya baru tau musik yang nurut saya familiar tapi asing bagi kebanyakan orang ini dari sebuah majalah PC,dan juga tanya-tanya sama Mr.Qor yang akhirnya memperkenalkan saya sama musik satu ini.

Banyak loe kreasi dari musisi chiptune,dan mereka memainkan bermacam-macam genre.Setahu saya ada punk,pop,bahkan sampe dangdut.

Untuk lebih jelasnya karena masih kurang memahami silahkan berkunjung ke link-link dibawah ini:

indonesianchiptunes.blogspot.com

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=901765

https://8bc.org

fidelasi-rendah.blogspot.com

17 komentar:

  1. pertamaxxx saja,, bukan yang lain..
    chiptune lagi happening ditelinga saya sekarang..
    kapankah sayaa akan bosan dengannya.

    BalasHapus
  2. oh, saya tau.. bunyi yang dari gameboy itu kan?

    BalasHapus
  3. @agung

    chiptune gak hanya ada digemboy.. semua permainan komputer 80an juga memakai chiptune, soalnya saat itulah awal perkembangan musik digital.

    BalasHapus
  4. hahah, jadi inget jaman SD dulu mainan saya game watch mirip begitu..tapi nggak nyangka baru sekarang tau asal mulanya musik digital di gamewatch tuh ternyata dari situ.

    dulu sih asik aja mainnya, tanpa peduliin sejarahnya :P

    BalasHapus
  5. wah kok jadi inget gembot saya yg pertama hhehehehe duh gembot padahal tulisannya game watch

    BalasHapus
  6. Kalo liat gambar game boy di atas, aku jadi ingat masa lalu.
    Pas di TK Al Qur an musti nyewa itu, cuman 500 perak.
    Kalo udah kelamaan biasanya game boy-nya gerak-gerak ke arah kiri, soalnya tali yang terhubung ke aki di tarik-tarik.
    Kata Pamannya: habis habis habis. Hehe...

    BalasHapus
  7. mario mah kan pake musik chiptune juga
    oke dah,
    tapi sampek sekarang gak pernah dengerin musik rock pk chiptune,hehe

    BalasHapus
  8. Wow....aku juga bukan gammer...jadi tidak tahu apa-apa..hehehehehe

    BalasHapus
  9. Aseeek ... tambah luas aja wawasan saya ... tkb sobat atas postingan bermanfaatnya ... saya tunggu update terbaru ya ...

    BalasHapus
  10. soal ini aku blm begitu paham sob

    BalasHapus
  11. waahhh bagus gan , ane suka nih chiptune dan yg berbau suara2 nintendo , tapi belum begitu bisa juga sih hehe

    BalasHapus
  12. nda bisi lagu... Vegan - Hey monster judulnya, nah tuh mereka tuh mengusung aliran 8 Bit/ Chiptune tuh......Mantap aliran 8 bit neh nyawa, bujuran nah..

    BalasHapus
  13. @bana : dasar mantap ban ay tp masalahnya q kd bisa dasarnya kd tahu wan kdd yg melajarinya nah
    pdhal sdh ta tukar gameboy nah

    BalasHapus

biasakan budaya komentar
thnks