Kamis, 02 September 2010

SUSAHNYA SEARCH BUDAYA?


Entah mengapa saat itu,tepatnya saat saya online dan menggunakan paman google,tiba-tiba situs yang diklaim sebagai nomer satu didunia ini tak memberikan hasil yang saya inginkan.Apakah google rusak ? pikir saya,ah itu tidak mungkin.Jadi saya mengambil kesimpulan keyword yang
saya gunakan ini sangat jarang ada yang ngebahas.

Key word yang saya ketikkan adalah proses pembuatan kain sasirangan,kain kebanggaan masyarakat Banjar.Namun ini dugaan saya saja,saya tak berani mengatakan kalo memang jarang web yang membahasnya,mungkin aja ada tapi saya tak mengetahuinya.Namun seandainya dugaan saya ini benar tentunya dua bonus kekecewaan yang saya dapat.Pertama kecewa sebagai siswa karena tidak dapat menyelesaikan tugas mencari artikel tentang proses pembuatan sasirangan.Dan kekecewaan kedua dan terparah tentunya sebagai masyarakat Banjar kecewa karena salah satu Budayanya(sasirangan) kurang mendapat perhatian karena sampai-sampai diinternet yang kebanyakan orang mengatakan sumbernya informasi malah jarang sekali dibahas.

Tentunya ini menjadi pekerjaan rumah bagi dinas kebudayaan bagaimana kelak nasib budaya Banjar.Tentunya jangan sampai generasi muda tidak tahu apa-apa tentang budaya Banjar.Boro-boro ingin melestarikan,mengenalpun tidak.Ada pepatah mengatakan "Tak kenal maka tak sayang",bagaimana bisa mencintai(melestarikan) mengenalnyapun tidak.

Jujur walaupun saya orang Banjar dan tinggal diBanjarmasin,namun sedikit sekali yang saya tahu tentang kebudayaan Banjar,ya paling sasirangan(kain khas Banjar),Mamanda(kalo ga salah sejenis pertunjukan pentas gitu),madihin(nah ini yang asyik,sejenis nge-rap tapi ala Banjar dengan diringi gendang).Padahal masih banyak lagi,namun bingung dimana mencari info tentang budaya Banjar.

Jadi kepengen mengetahui all about Banjar she karena melihat kejadian beberapa tahun terakhir tentang Budaya Indonesia yang di aku-aku-in sama Malaysia.Apalagi jarak antara Kalimantan dan Malaysia ga jauh.

Untuk harapannya semoga aja ada sebuah web yang ngebahas all about tentang Banjar mulai dari budaya,tempat wisata,tongkrongan yang asyik,dan macem-macem deh dan tentunya ini akan berguna bagi masyarakat Banjar sendiri dan para turis domestik maupun Internasional yang pengen berkunjung ke Banjarmasin.

3 komentar:

  1. tugasnya Blogger Banjar itu...
    Mengharapkan pemerintah dan Dinas Kebudayaan sama mengharap proposal tambus lawan yayasan...

    Ya udah, kamu tulis aja yang paling kamu tau...
    eh, tapi kalau gak salah WIKIPEDIA bisa diandalkan .,,

    Kopdar hari MINGGU Ini,,ikut kada?

    BalasHapus
  2. saya nunggu samapai ada aja deh...

    BalasHapus
  3. kan ada kerajaanbanjar.wordpress.com = kerajaanbanjar.com tapi sasirangan belum dibahas..hehehe

    BalasHapus

biasakan budaya komentar
thnks