Jumat, 11 Maret 2011

BIKIN BUKU (tanpa ke penerbit)

Ingat ga cerita tentang bang Raditya yang sukses bikin blognya menjadi sebuah buku komedi yang terjual di toko buku.Jika kita berpikir bahwa bikin isi blog (postingan) menjadi buku adalah hal yang mustahil,apalagi anda yang tinggal didaerah karena didaerah sangat jarang ada penerbit yang bisa menerima naskah (apalagi di Banjarmasin,sangat susah,atau saya yang ga tau).



Nah sekarang isap lah udara sebanyak mungkin karena saya akan membawa kabar segar buat pembaca blog urakan ini.Ok apa sekarang anda sudah rilex.Oke caranya cukup mudah.Tapi poin yang harus anda ketahui nanti buku ini tak akan masuk Gramedia atau toko buku lainnya,karena disini anda selain berperan sebagai penulis juga sebagai penjual(dengan sistem online).Bahkan anda bisa membeli karya anda sendiri.

Jawabannya adalah nulisbuku.com nah diwebsite ini anda bisa mengirimkan tulisan anda,bisa dari blog,catatan harian atau apapun (sesuai kategori buku) dan selanjutnya dibikkan menjadi sebuah buku.Dan jikalau anda kreatif maka anda juga bisa berperan sebagai designer cover buku anda sendiri.Namun bila tak memiliki keterampilan men-design maka anda bisa menyewa orang dari pihak nulisbuku.com dengan membayar sejumlah uang(info lengkap lihat ke websitenya).

Selanjutnya bila naskah sudah dikirim beserta covernya,maka siap-siaplah anda menjualnya.Atau tunggu pembeli yang beli di nulisbuku.com tapi mungkin cara itu lebih lama,sebaiknya anda sendiri lah yang berperan sebagai penjual bisa share lewat jejaring sosial,dll(liat websitenya untuk lebih jelas).

Saya belum mencoba seh tapi saya punya rencana bikin buku kompilasi bersama anak-anak kontra24.org dan doakan semoga bisa terlaksana.

20 komentar:

  1. boleh juga sih tapi saya kurang pandai dalam menulis cerita yg utk dibukukan dan slain itu kesibukan saya juga membuatnya tdk sempat utk konsentrasi membuat tulisan. Oh iya sob, sesuai request, jawaban pertanyaan sobat pada coment di blog saya sudah saya jawab tpi tdk disini krna tdk relevan nantinya dgn postingan disini. Jadi, cek aja di halaman yg sobat comment di blog saya. Thanks

    BalasHapus
  2. Iya, aku sudah tahu juga tentang nulisbuku ini. Menurutku bagus karena ini merupakan wadah bagi penulis2 independen yang ingin tulisan2 mereka diterbitkan dalam bentuk buku. Semoga makin banyak penyedia2 layanan semacam ini

    BalasHapus
  3. saya bersama teman saya nyetak sendiri buku di salah satu penerbitan di yogya, kurang lebih dua jutaan dpt 300 eksemplar,,,hehee..
    seumur2 cita2 saya paling gak sekali pernah nerbitin buku,,,
    nice post,, cuma kadang kita takut karya kita bila dikirim ke situs online yg blm jelas,, bakal dicuri,, IMHO

    BalasHapus
  4. saya sudah pernah melancong ke nulisbuku, tapi karena belum ada yang bisa diterbitkan, ya...nulis dulu kali ya?

    BalasHapus
  5. gung, kulihati postingan ikam ne bisa lebih seratus.. kenapa kada nerbitin tulisan yang diblog ikam sorang tuh?
    kena aku manungkarinya pertama kali....

    BalasHapus
  6. pengennya sih nerbitin novel juga...

    oya mas maaf msalah postingan burung twitter kemaren gak bisa terbang ya hhe sekarang sudah saya perbaiki silahkan lihat http://adittyaregas.blogspot.com/2011/03/membuat-burung-twitter-terbang-diblog_12.html

    BalasHapus
  7. wah bagus juga tuh untuk latihan, toh seandainya gagal kita tidak kehilangan modal..langsung saja saya mau ke tekape

    BalasHapus
  8. @diarykudiblogkan situ blogger gimana kalo tulisan situ diblog yang dikirim aja(tentunya di edit lebih dulu)

    BalasHapus
  9. @Coretan Hidup Bener ini salah satu jalan keluar buat penulis independen terlebih didaerah yg ga ada penerbitnya

    BalasHapus
  10. @kisahdoktermudaMoga sukses deh buat buku ente n jgn takut bro menurut ane situsnya jelas deh soalnya majalah pc plus pernah ngereview situs ini beserta pendirinya jadi menurut ane terpercaya deh

    BalasHapus
  11. @Qori Reader banyak seh tapi menurut ane belum berkualitas tulisannya n isinya masih ga bisa bikin bermanfaat

    BalasHapus
  12. @Adittya Regas terbitin aja bro

    n thx burungnya udah bisa terbang

    BalasHapus
  13. @budiesSep langsung aja sob n kalo udah nerbitin jgn lupa info in ke ane

    BalasHapus
  14. @Agung: tenang gung, ada ja kalo tombol ctrl+e?

    BalasHapus
  15. Kabar bagus, tapi masih ragu mau nerbitin tulisan, masih dipertanyakan kualitasnya he.he..

    BalasHapus
  16. bagus juga sih dari blogger jadi penulis buku... setidaknya kan punya pengalaman nulis dan berbagai...

    BalasHapus

biasakan budaya komentar
thnks