Minggu, 18 Juli 2010

IZIN DULU


Dalam proses pencarian jati diri ini banyak banget sesuatu yang pengen ane bisa khusunya dalam bidang kreativitas biar menunjang masa depan ane.Ane ga takut kebanyakan ikut kegiatan karena  ane yakin kali aja nyangkut salah satu.


Trus pada suatu hari yang indah ane nemu sebuah community yang memang minat banget ane ama aktivitas community,yaitu jadi fotografer tanpa banyak modal alias fotografer tanpa kamera DSLR tapi Cuma pake kamera hp sederhana atau paling abnter pake kamera pocket walaupun di kemudian hari ternyata ada anggota yang tetep pake kamera DSLR.

Entah kenapa ane jadi kesetanan pengen ikut community ini sejak hasil jepret ane dihina sama temen ane,padahal susah banget lo buat ngejepretnya karena ane kudu masang tampang super tebal dulu,alias nahan malu dari lirikan anak-anak sekolah ane yang lagi bejibun nonton acara ulang tahun sekolah.Nah buat lebih jelasnya ane pengen cerita ama sobat.Pas hari sabtu kebetulan hari ulang tahun sekolah ane terus karena ane tergabung dalam grup majalah sekolah dan bertugas sebagai fotografer maka ane berkewajiban buat motretin sepanjang acara berlangsung.

Sebelum hari H nya emang sudah rapat kalo besoknya mau ngeliput ultah skul,dan ternyata rapat itu juga ternyata butuh pengorbanan,ane harus mengorbankan salah satu janji ane sama temen-temen blogger ane.

Oke kembali ke cerita ane jadi kesurupan pengen ikut community fotografer.Nah ane terus motret-motret ampe cape plus masih dengan tampang yang dibikin nahan malu,terus dengan teganya dan tanpa perasaan temen ane itu menghina hasil jepretan yang ane take dengan susah payah gila ni orang bukannya muji atau apa neh malah menghina dengan membabi buta.

Namun dikemudian harinya ane sadar ternyata hinaan tu orang merupakan pompa semangat buat ane agar bisa lebih baik.Jadi pesannya'hinaan jangan dijadikan penggerogot semangat ato bikin semangat down tapi bikin jadi pompa biar kita makin semangat'.

Nah kebetulan ane punya temen seorang blogger yang juga menjabat sebagai duta internet dan kebetulan ane akrab sama dia dari blog.Trus iseng-iseng saat ane buka blognya nemu alamat FB nya terus ane add dia dan jadilah kita temen,walaupun sebatas dunia maya.

Kebetulan dia ngajakin ane buat gabung ke group fotografer.Ane mulanya agak minder juga she abes ane udah ngebayangin kalo fotografer itu orang-orang yang berdompet super tebal plus dengan kamera gede yang bernama DSLR,ah ga sanggup ane sob jatah belanja ane 7 tahun mungkin buat beli kamera-kamera semahal itu dan lagian babe ga mungkin mau ngabulin ane beli kamera semahal itu.

Ane jadi semangat ikut karena kameranya bebas  ga mesti DSLR,malah rata-rata anggotanya pake kamera hp ampe leadernya aja pake kamera hp aja,ah gue jadi semangat neh pikir ane dalem hati terus bisa membuktikan ama temen yang udah ngina hasil gambar ane itu kalo ane bakal bisa take gambar yang ajib.
Tibalah pada acara kopdar yang berlangsung pada malam minggu.Siangnya ane sempet kebakaran jenggot buat hadir tapi agak dikit malu karena ane belom pernah ketemu ama anggotanya didunia nyata Cuma akrab didunia maya.Ane sempet mhonmohon sama temen cewe ane buat nemenin ane ke kopdar,namun di tolak dengan sadis karena di bilang dengan gaya sok imutnya' aku bakal dimarahin bokap kalo jalan malam-malam'.

Ah sial pikir ane,bakal gagal neh pingin ikut tuh community terus ane dapet ide lagi buat ngajak temen pria ane kali aja bisa dan kebetulan ia juga penggemar fotografi dan termasuk sobat ane.Namun kali ini ane mesti teguk air liur lagi karena di tolak mentah-mentah ga di matengin dengan alasan mau jalan sama pacarnya oh my god.

Sempet lesu juga koq ga ada yang bisa nemuin  ane pergi kopdar ama anak fotografer hp ah gila bisa gagal neh rencana ane ngebuktiin kalo ane bisa motret dengan bagus.Dengan harapan terakhir batas paling akhir pilihan ane ngajak sister ane terus kebetulan dia juga suka fotografi diluar dugaan ternyata dia mau aja ikut kopdar ama ane.Alhadulilah jadi deh.

Kesan pertama yang ane dapet dalam kopdar cukup aneh karena sempet nyasar saat nyari tempat kopdarnya karena ada sedikit kesalahan informasi tempat.Terus ane sempet malu ama salah satu ketuanya yang seorang wanita karena ane manggil dia mbak padahal dia seumuran ama ane ah malu banget ane sob untng di ga nganggep dan ga membuat sesuatu yang bikin ane inget ama insiden itu terus malu.

Kopdarnya cukup seru dan asyik.Tapi ane masih dikit minder karena masih terbentur ama ketidak akraban tapi karena niat yang menggebu ane tetep aja cuek yang penting ane bisa ngebuktiin kalo ane bisa ngejepret dengan bagus sob.Karena sedikit bingung dengan ngemenga-ngemengan yang ga ane paham dari bibir mereka ane lebih memilih ngelahap jagung bakar.Kebetulan ane sempet mesen jagung pedas sebelumnya ternyata mujarab juga buat mengusir kebosanan.

Pokoknya kesannya asyik tapi kurang asyik ya gitu deh diskripsika aja sendiri,pokoknya mengantara antara asyik dan ga asyik di mixing.Oh ya dalam tu kopdar ngebahas tentang rencana bikin project foto story gitu jadi kita ngebutuhin model terus di foto-foto gitu pokoknya dari foto itu muncul kisah,dari penuturan ketuanya she ane dapet tangkep kalo bakal mengusung cinta segi empat waaah gila pikir ane kan biasanya cinta-cinta difilm percintaan kebanyakan Cuma mengusung cerita cinta segitiga tapi  koq ini aneh ya cinta segi empat yang kompleks gitu lagi makanya ane jadi tertarik pengen ikut.

Pagi jum'at kebetulan lagi liburan karena tanggal lagi bonyok alias merah.Nah ane dapat sms dari salh satu ketua kalo dia bakal mengadakan survey temoat kalo berniat pengen ikut silahkan katanya.Nah kebetulan pikir ane saatnya membina keakraban dengan anggota lainnya dengan mengikuti survey tempat ini.Rencananya she jam 2 siang.

Siangnya ane langsung ngejemput teman ane yang baru lulus buat ikutan survey ini kebetulan juga ia anggota community ini.Kebiasaan masyarakat kita yang suka banget pake jam karet maka itu juga terjadi dalam survey ini rata-rata yang ikut pada terlambat.
Karena masih lama nungguin anggota yang lainnya,ane dan temen ane serta ketua yang udah datang duluan sempet hunting curian buat ngejepret sekitar tempat survey.Sebelumnya kita ngemeng ngalor-ngidur ga jelas gitu.

Target pertama she maunya bule yang lalu lalang deket kami namun karena keterbatasan kita berbahasa Inggris terutama ane yang sulit banget kalo udah berhadapan sama bahasa orang pirang ini,maka kita mengurungkan niat itu.Dan target empuk selanjutnya jatuh kepada para pengendara kendaraan,namun lagi-lagi ga bisa soalnya kamera hp saya terutamanya ga tahan sama objek yang bergerak karena hasilnya pasti kabur maka terakhir yang kita tuju yaitu jembatan,sungai serta orang-orang sekitar dua tempat ini.

Iseng-iseng kita moto jembatan dulu,terus berjalan lagi dan nemu sama bocah-bocah yang lagi asyik mandi di sungai ah sasaran empuk neh dan kebetulan tu bocah bersahabat karena suka aja kalo di foto.Sedikit info tuh bocah mandi deket jembatan.Untuk sedikit mendramatisir hasil foto kita nyuruh tu bocah buat nyebur dengan gaya salto tu bocah mengiyakan.Buahnya tu bocah di omelin ama bapaknya yang lagi kerja disekitar sungai itu.

Terus temen ane yang juga ketua tiba-tiba iseng ngekiat rumah yang berada di bawah jembatan,kaya orang udik dia nanya ama ane koq ada ya rumah dibawah jembatan.Ane mengiyakan aja ga bisa coment apa-apa.Entah ngedengar ato gimana tu pemilik rumah langsung ngerespon dan marah ama kita mewanti-wanti agar kita ga motret rumahnya dia ngomel sejadinya ga begitu ane simak she.Padahal ane lagi asyik ngepotret bocah yang mandi tadi buat foto memandang sungai dan bakal ane beri judul bocah dan sungai.

Jadi pesen moralnya kalo sobat lagi kesurupan jadi fotografer dan suka ngejepret maka pesan moral yang ane pesenin buat izin dulu sama orang-orang sekitar sobat yang mau di foto biar ga dimarahin kaya ane.

5 komentar:

  1. ah, kenapa tak ada isinya pertamaxxx...
    gile, panjang bener postingan loe gung...gue baca nih ampe abis...
    intinya ini adalah semua sebab dikau memasuki komunitas fotografi....
    kalau saya sih pengen masuk komuniti ini ya saling sharing...
    kamera urusan belakangan, yang penting tehniknya dulu..
    trus jika ada aktifitas fotografi gak sesuai idealisme gue....gue bakal gak ikut....

    btw: tumben loe pake ane"...efek kaskuskah???

    ditunggu ceritanya,,,

    BalasHapus
  2. jadi seorang fotografer memang gampang2 susah, syarat pertama harus punta kamera memang, tapai sekarang tak perlu dipusingkan karena ada kamera hP yang pasti banyak yang memilikinya, jika memang kita punya bakat tentu hasil jepretan kita akan bagus.

    gw dukung lo...semoga menjadi fotografet yang handal

    BalasHapus
  3. nanti musti upload fot2nya ya...
    hehehe

    BalasHapus
  4. aku juga mau liat fotonya xD
    iya nih kok jadi ane"an sih?

    BalasHapus
  5. Wah...bakat fotografinya boleh juga tuh, kalo baru mulai banyak yang nyela cuekin aja. Tapi memang mesti hati2 mas, itu baru foto anak kecil mandi sudah dimarahin. Jadi jangan coba2 foto orang dewasa lagi mandi apalagi perempuan...hehehe

    Salam hangat & sukses selalu...

    BalasHapus

biasakan budaya komentar
thnks