Senin, 18 Juni 2012

Tor tor di klaim

Malaysia kembali berulah. Baru baru ini tarian tor tor suku batak mau di klaim, entah bagaimana mengklaimnya saya agak bingung yang di berita berita d tv ramai di kabarkan tor tor d klaim Malaysia.

Entah apa yang mereka inginkan pastinya budaya budaya memang sudah langganan di klaim negeri tetangga ini.

Yang gue bingung kenapa Malaysia bisa se enak dengkul mengklaim budaya kita ? Apa tidak didaftarkan hak patennya. Jangankan budaya barang atau temuan aja ada hak patennya gimana ini ? Siapa yang mesti tanggung jawab sama ke patenan budaya kita biar ga se enak udel di klaim orang.

Tapi yang gue aneh setiap budaya atau barang budaya yang habis di klaim Malaysia pasti ya paling ga ramai di bicarakan lagi banyak yang kenal kaya kasus batik,tari pendet, dan reog ponorogo.

Sebagai warga Banjar gue berharap sasirangan tidak di klaim karena menurut gue untuk skala nasional Indonesia saja kain asal daerah gue ini ga se mashur batik,merintis lah masih istilahnya dan semoga sasirangan juga di patenkan biar ga di klaim.
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

1 komentar:

  1. cuy, itu karena orang dulu pergi kemalay dan masih membawa budayanya kesana, makanya mereka ngeklaim. Padahal dari nusantara.

    BalasHapus

biasakan budaya komentar
thnks